Melakukan Register Payment
Anda dapat melakukan register payment untuk melakukan pembayaran pada customer invoices melalui menu Customer Invoices (\Invoicing\Sales\Documents\Customer Invoices).
Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan register payment:
- Melihat detail customer invoices dengan status Open
- Memilih tombol
Sehingga layar Register Payment ditampilkan
- Masukkan jumlah pembayaran pada field Payment Amount, metode pembayaran pada field Payment Journal, tanggal pembayaran pada field Payment Date, dan catatan tambahan pada field Memo
-
Jika jumlah pembayaran invoice tidak dibayar secara full atau terdapat alokasi sisa/kelebihan pembayaran, maka field Payment Difference akan ditampilkan
Anda dapat memilih Keep open jika anda ingin status customer invoices tetap masih Open sehingga customer dapat melakukan pembayaran hingga lunas atau memilih Mark invoice as fully paid jika pembayaran dianggap lunas sehingga status customer invoices menjadi Paid
-
Jika Mark invoice as fully paid dipilih, maka field Post Difference In dan Label akan muncul. Pilih account yang akan menerima alokasi sisa/kelebihan pembayaran pada field Post Difference In dan catatan terkait alokasi sisa/kelebihan pembayaran pada field Label
- Pilih tombol
Jika pembayaran telah lunas, maka status customer invoices berubah menjadi Paid
Note: Register payment hanya dapat dilakukan pada customer invoices dengan status Open