Skip to main content

Melakukan Register Payment

Anda dapat melakukan register payment untuk melakukan pembayaran pada customer invoices melalui menu Customer Invoices (\Invoicing\Sales\Documents\Customer Invoices).

Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan register payment:

  1. Melihat detail customer invoices dengan status Open

alt-text

  1. Memilih tombol alt-text

alt-text

Sehingga layar Register Payment ditampilkan

alt-text

  1. Masukkan jumlah pembayaran pada field Payment Amount, metode pembayaran pada field Payment Journal, tanggal pembayaran pada field Payment Date, dan catatan tambahan pada field Memo
  • Jika jumlah pembayaran invoice tidak dibayar secara full atau terdapat alokasi sisa/kelebihan pembayaran, maka field Payment Difference akan ditampilkan

    alt-text

Anda dapat memilih Keep open jika anda ingin status customer invoices tetap masih Open sehingga customer dapat melakukan pembayaran hingga lunas atau memilih Mark invoice as fully paid jika pembayaran dianggap lunas sehingga status customer invoices menjadi Paid

  • Jika Mark invoice as fully paid dipilih, maka field Post Difference In dan Label akan muncul. Pilih account yang akan menerima alokasi sisa/kelebihan pembayaran pada field Post Difference In dan catatan terkait alokasi sisa/kelebihan pembayaran pada field Label

    alt-text

  1. Pilih tombol alt-text

alt-text

Jika pembayaran telah lunas, maka status customer invoices berubah menjadi Paid

alt-text

Note: Register payment hanya dapat dilakukan pada customer invoices dengan status Open