Membuat Invoice Memo
Anda dapat melakukan pengurangan atau penambahan amount pada Vendor Bill dan Customer Invoice melalui menu Invoice Memo (\Invoicing\Purchases\Invoice Memo).
Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat Invoice Memo:
- Klik tombol untuk membuat atau menambahkan Invoice Memo
- Berikut tampilan layar New
- Isi data pada setiap field
Field yang wajib diisi adalah:
- Company: Company login user (Terisi otomatis)
- Adjustment Date: Tanggal dilakukannya transaksi
- Invoice Type: Tipe dari invoice yang akan diproses
- Payable untuk Vendor Bill
- Receiveable untuk Customer Invoice
- Partner: Customer atau Vendor yang akan dibuatkan Invoice Memo
- Invoice No: Nomor Vendor Bill atau Customer Invoice yang akan dibuatkan Invoice Memo
- Adjustment: Jumlah penambahan atau pengurangan atas Vendor Bill atau Customer Invoice
- CoA Memo: Diisi dengan Chart of Account
- Reason: Alasan dilakukannya Invoice Memo
Notes:
- Invoice No yang tampil adalah nomor Vendor Bill atau Customer Invoice yang amountnya bukan 0
- Jika nilai pada Adjustment adalah (+), maka nilai Vendor Bill atau Customer Invoice akan bertambah
- Jika nilai pada Adjustment adalah (-), maka nilai Vendor Bill atau Customer Invoice akan berkurang
- Klik tombol untuk menyelesaikan proses pembuatan Invoice Memo, kemudian klik tombol untuk melanjutkan ke proses validasi
Berikut ini merupakan layar setelah klik tombol