Skip to main content

Membuat Invoice Memo

Anda dapat melakukan pengurangan atau penambahan amount pada Vendor Bill dan Customer Invoice melalui menu Invoice Memo (\Invoicing\Purchases\Invoice Memo).

alt-text

Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat Invoice Memo:

  1. Klik tombol alt-text untuk membuat atau menambahkan Invoice Memo

alt-text

  1. Berikut tampilan layar New

alt-text

  1. Isi data pada setiap field

alt-text

Field yang wajib diisi adalah:

  • Company: Company login user (Terisi otomatis)
  • Adjustment Date: Tanggal dilakukannya transaksi
  • Invoice Type: Tipe dari invoice yang akan diproses
    • Payable untuk Vendor Bill
    • Receiveable untuk Customer Invoice
  • Partner: Customer atau Vendor yang akan dibuatkan Invoice Memo
  • Invoice No: Nomor Vendor Bill atau Customer Invoice yang akan dibuatkan Invoice Memo
  • Adjustment: Jumlah penambahan atau pengurangan atas Vendor Bill atau Customer Invoice
  • CoA Memo: Diisi dengan Chart of Account
  • Reason: Alasan dilakukannya Invoice Memo

Notes:

  • Invoice No yang tampil adalah nomor Vendor Bill atau Customer Invoice yang amountnya bukan 0
  • Jika nilai pada Adjustment adalah (+), maka nilai Vendor Bill atau Customer Invoice akan bertambah
  • Jika nilai pada Adjustment adalah (-), maka nilai Vendor Bill atau Customer Invoice akan berkurang
  1. Klik tombol alt-text untuk menyelesaikan proses pembuatan Invoice Memo, kemudian klik tombol alt-text untuk melanjutkan ke proses validasi

alt-text

Berikut ini merupakan layar setelah klik tombol alt-text

alt-text