Skip to main content

Introduction

KG Hospitality Suite adalah sistem untuk mengotomatisasi operasional front office dan back office di hotel. Dimulai dari proses reservasi, proses check in, proses point of sales, proses FO cashier, proses operasional house keeping, proses night audit, proses AR maupun beberapa proses lainnya baik untuk transaksi dari tamu yang menginap di hotel maupun tamu yang tidak menginap di hotel.

System Capability

  1. Menyediakan modul-modul yang digunakan untuk operasional front office dan back office di hotel, antara lain:
    • Front Office Module (Reservation, Check In, Check Out)
    • Point of Sales Module
    • Banquet Module
    • Housekeeping & Maintenance Module
    • Finance Module (Account Receivable, Account Payable, General Ledger)
    • Logistic Module
  2. High Security.
    Pengaturan security meliputi dua hal:
    • Pengaturan akses database
    • Pengaturan akses menu
  3. Package Flexibility
    Jumlah orang yang termasuk di suatu rate dapat disesuaikan dengan kebutuhan (system ini menyediakan 1 orang s/d 8 orang yang bisa terdapat di suatu rate, sesuai dengan yang di setup).
  4. Open Cashier Automatized
    Open cashier yang dilakukan oleh seorang user berlaku untuk seluruh outlet yang menjadi akses user tersebut.
  5. MyValue Management System Interfacing
    Sistem terhubung dengan MyValue Membership Management System yang diaplikasikan di unit bisnis Kompas Gramedia di seluruh Indonesia.
  6. Channel Manager Interfacing
    Modul Front Office yang terintegrasi dengan Channel Manager untuk distribusi Inventory & Rate, serta untuk menerima reservasi secara otomatis dari Channel Manager (saat ini terhubung dengan Fastbooking).

System Scope

  1. Open / Close Cashier
    Proses buka dan tutup outlet pada suatu shift; harus dilakukan oleh kasir outlet pada saat ia akan memulai dan mengakhiri shiftnya
  2. Company Profile
    Proses entry data perusahaan yang terkait dengan proses-proses lainnya
  3. Contact Person
    Proses entry data penghubung (pihak perusahaan)
  4. Guest Profile
    Proses entry data tamu hotel
  5. Advance Deposit
    Proses penerimaan deposit sebelum reservasi atau ketika tamu melakukan check in. Yang berhak menerima posting deposit adalah folio Master.
  6. Tour Series
    Proses entry jadwal rencana series pengiriman tamu ke hotel
  7. Reservation
    Proses entry data pemesanan kamar
  8. Release Blocking
    Proses melepaskan blocking dari suatu kamar
  9. Walk In
    Proses entry check in tamu (tidak melalui proses reservasi)
  10. In House
    Tampilan data tamu hotel saat tersebut, dan proses entry semua transaksi (yang terkait dengan Front Office Dept) dari tamu hotel
  11. Front Office Cashier
    Proses entry transaksi-transaksi dari Front Office Dept
  12. Restaurant & Bar
    Proses entry semua transaksi yang terjadi di restaurant&bar
  13. Point of Sales
    Proses entry semua transaksi di outlet-outlet
  14. Night Audit
    Proses perhitungan kelompok pendapatan dan kelompok pembayaran dari seluruh transaksi yang terjadi di hotel selama hari tersebut
  15. Account Receivable
    Proses penagihan atas piutang hotel.